Bushido – Sebuah Jalan Tiada Henti

Martial Arts’s Spirit

Sekilas Tai Chi

Pengertian Tai Chi

Pengertian Tai Chi Tai-Chi terbentuk dalam dua suku kata yaitu Tai dan Chi. Tai mempunyai makna agung, dahsyat (luar biasa) dan Chi mempunyai air hawa murni atau tenaga yang sangat halus yang ada di dalam diri manusia dan dapat dihasilkan melalui latihan Qi Gong (olah nafas).  Jadi Tai-Chi adalah kekuatan jiwa yang muncul dari hasil olah nafas dalam diri manusia sehingga keluar dalam bentuk tenaga yang sangat dahsyat secara fisik.

Menceritakan mengenai sejarah Taiji, ada beberapa versi, sejarah tai chi tidak lepas dari nama Chang San Feng (Thio Sam Hong – pendiri partai Wu Tang/Bu Tong). Cerita Chang San Feng sendiri mempunyai banyak versi, di satu versi dia dikenal sebagai murid Shaolin yg membelot & menyempurnakan kungfu Shaolin dan mendirikan partai sendiri. Di sisi lain, dia adalah seorang dewa, pesilat tangguh. Hubungannya dengan Taiji? Dia dipercaya sebagai pencipta Taiji, tapi sebenarnya yg dikuasai Chang San Feng adalah Neijia (ilmu halus/tenaga dalam). Pencipta Taiji versi ke dua dimulai pada jaman dinasti Tang. Saat itu ada 4 aliran besar, Hsu Hsun Ping yang memiliki jurus 3 Generasi dan Tujuh yang mendasarkan gerakannya pada Bagua (Eight Trigrams) dan I-Ching, lalu ada Long Quan, sisa 2 aliran lagi dimotori oleh Yin Li Xiang dan Cheng Ling Si. Diceritakan Chang San Feng menggabungkan ilmu ke-4 aliran besar ini dan menciptakan Taiji.

Cheng Man Ching

Pendekar Taiji modern adalah Cheng Man Ching yang dilahirkan pada tahun 1901. Dia merupakan anak yatim, ayahnya meninggal pada saat dia masih kecil. Dia diasuh ibunya dan amat dipengaruhi oleh ajaran ibunya. Dia adalah anak yg cerdas. Bencana yang mengubah hidupnya terjadi saat kepalanya tertimpa batu bata yg jatuh. Dia jatuh koma 2 hari dan saat itu seorang pesilat datang memeriksanya dan meyakinkan bahwa dia akan sembuh. Setelah diberi obat, Cheng Man Ching sembuh tetapi dia kehilangan memorinya. Bahkan saat itu dia diceritakan seperti orang cacat mental. Perlahan tapi pasti, Cheng sembuh dan mulai bisa bekerja untuk menghidupi keluarganya. Pada usia sekitar 20, Cheng menderita rematik, beri² dan TBC sampai akhirnya dia sering sekali muntah darah. Seseorang memperkenalkan Cheng dengan Yang Cheng Fu, salah seorang ahli Taiji. Cheng mulai berlatih Taiji dan kesehatannya berangsur² pulih. Pernah dia berhenti berlatih dan dia kembali jatuh sakit. Dia pernah berkata, aku berlatih (Taiji) lebih penting daripada aku makan dan tidur. Dia tidak pernah absen berlatih dan dia tetap berlatih dalam keadaan makan, bekerja dan sebagainya. Perbedaan Taiji yang diajarkan Cheng adalah lebih manusiawi, gerakannya lebih gemulai dan menggunakan lingkaran yang lebih kecil, dibandingkan dengan gerakan yang dimainkan Yang Cheng Fu gurunya. Saat ini Cheng Man Ching sudah meninggal dunia, tetapi dia telah memajukan dan mempopulerkan Taiji di dunia dan muridnya sudah banyak tersebar di seluruh dunia.

About these ads

Mei 20, 2006 - Posted by | Tai Chi

29 Komentar »

  1. anybody knows Taichi training place in South Jakarta?

    Thanks.

    Komentar oleh Surya | Januari 31, 2007 | Balas

    • di jakarta selatan anda bisa latihan taichi di gelora bungkarno kan nggak jauh tu, untuk hari nya ane kurang tau tapi hari minngu biasanya mereka latihan sedikit, bisa langsung tanya aja ama salah satu instruktur senamnya

      Komentar oleh sugeng | September 30, 2013 | Balas

  2. klo d Yogya, klo kepengen mendaftar alamatnya dmn ya?

    Komentar oleh Ayure | April 7, 2008 | Balas

  3. @ Ayure

    Kalo di jogja saya kurang tahu tempat latihan taichi. Coba ditanyakan ke sekretariat wushu disana, biasanya mereka tahu lokasi latihannya. Mungkin ada yang bisa membantu?

    Komentar oleh Aikidoka | April 8, 2008 | Balas

    • Latihan Taichi Yang Style di Yogyakarta, antara lain adalah di Taman Sebelah Timur dari Gedung Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM). Taman ini terletak di sebelah selatan lapangan tenis Fakultas Kehutanan UGM dengan meloncati satu gedung.

      Latihan biasanya dimulai sekitar jam 7.30 dan berakhir sekitar jam 9.00 sampai jam 10-an, pada tiap-tiap hari Minggu. lihat http://infotaichi.blogspot.com/

      Komentar oleh Sodig Hidayatullah | Oktober 12, 2013 | Balas

  4. kalo di depok dimana yah tempat latihan rutin tai chi?

    Komentar oleh Ical | Juni 23, 2008 | Balas

  5. pak firman,

    mohon infonya kalau di jakarta selatan alamat latihan tai chi dimana? tks infonya

    Komentar oleh wahyu | Agustus 11, 2008 | Balas

  6. klo di pekanbaru pengen banget belajar aikido sama tai chi dimana ya..,
    soalnya tuh beladiri keren abis, udah umur 50 th jg masih bisa ngelempar orang wakakakaka ^_^

    Komentar oleh Muhammad Zaky Alfath | Maret 5, 2009 | Balas

  7. maaf klo tempatnya at latihan tai chi di jogja dimana y???????

    pengen bnget blajar tai chi

    Komentar oleh fajar anggara | April 4, 2009 | Balas

    • Latihan Taichi Yang Style di Yogyakarta, antara lain adalah di Taman Sebelah Timur dari Gedung Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM). Taman ini terletak di sebelah selatan lapangan tenis Fakultas Kehutanan UGM dengan meloncati satu gedung.

      Latihan biasanya dimulai sekitar jam 7.30 dan berakhir sekitar jam 9.00 sampai jam 10-an, pada tiap-tiap hari Minggu. lihat http://infotaichi.blogspot.com/

      Komentar oleh Sodig Hidayatullah | Oktober 12, 2013 | Balas

  8. Maaf kalo di depok tempat latihan tai chi dimana ya..?

    Komentar oleh Haris | April 5, 2009 | Balas

  9. saya tinggal di daerah siaga, pasar minggu, jakarta selatan. apakah ada tempat latihan aikido dan tai chi, mohon informasinya. terima kasih..

    Komentar oleh Cebi | Mei 20, 2009 | Balas

  10. Saya Roy Darmawan, dosen Universitas Indonesia (Fakultas Ekonomi). Saya tertarik mengikuti latihan Taichi. Mohon info kira-kira di mana saya dapat berlatih. aya sangat senang bila ada lokasi di sekitar Margonda Raya Depok / Universitas Indonesia.

    Terima kasih. Salam hormat. Roy Darmawan

    Komentar oleh Roy Darmawan | Juni 8, 2009 | Balas

  11. Dear Pak Roy Darmawan,

    Kalo tempat latihan taichi di Depok ada beberapa perguruan, diantaranya yaitu perguruan alam semesta,alamatnya Jl. Raden Saleh no. 28 ~ Depok. Telpon 021~7700279
    Latihan Tai Chi Chuan tiap Selasa jam 19:00
    Latihan Kung Fu tiap Sabtu jam 19:00
    Atau
    Bisa juga di Perguruan Pro Patria di Depok, alamatnya Depok Maharaja Blok O2/23 Depok.
    Pelatih Drs Noviar AM (PENDIRI KUNGFU PRO PATRIA DI YOGYAKARTA. Contact : Hp 0813.1780.7842.

    Selamat berlatih!

    Komentar oleh Firmansyah | Agustus 20, 2009 | Balas

  12. Assalamu’alaikum.
    MInta alamat latihan tai chi yang daerah JAkarta BArat sekitar alpha Indah. Terima KAsih.

    Komentar oleh HEri Mohamad | Agustus 25, 2009 | Balas

  13. Pak Firmansyah, terima kasih banyak info tempat berlatih di Depok.. Roy

    Komentar oleh Roy Darmawan | September 14, 2009 | Balas

  14. pak….mo tanya…tempat latihan tai chi di daerah solo dimana ya….tlng kasih tahu ya pak…terima kasih sebelumnya…

    Komentar oleh hanif | September 30, 2009 | Balas

  15. tolong nanti di kasih tahu lewat e-mail saya y pak…terima kasih…

    Komentar oleh hanif | September 30, 2009 | Balas

  16. saya tinggal di bekasi, mohon infonya, apakah ada alamat latihan tai chi di sekitar wilayah bekasi..?? trims..

    Komentar oleh Rinnie Akbar | November 2, 2009 | Balas

  17. saya tinggal dibekasi jawa barat, saya pingin banget belajar tai chi, kira kira dimana ya lokasi latihan yang dekat dengan rumah saya??? trimaksih

    Komentar oleh ihsan | Maret 8, 2010 | Balas

  18. bwt pltihan tha chi d aceh donk..
    khusus na d lhoksmwe

    hanif

    Komentar oleh lupikaez | April 19, 2010 | Balas

  19. pngen bgt dri dlu bljr tai chi
    :’-(

    Komentar oleh lupikaez | April 19, 2010 | Balas

  20. tolong saya diberitahu alamat pelatihan taichi di jakarta selatan. terima kasih.

    Komentar oleh bambang | November 11, 2010 | Balas

  21. untuk jogja bisa menghubungi no telp.081804211528 atas nama wisnu…

    Komentar oleh bihhudalta | November 16, 2011 | Balas

  22. kalau di bekasi, daerah pondok gede di mana?

    Komentar oleh tiaz | Desember 27, 2011 | Balas

  23. salam kenal,
    saya mo tanya, tempat latihan taichi di batam dmna y??

    Komentar oleh Serly Armilania | April 10, 2012 | Balas

  24. Dimana alamat latihan taichi dan aikido di pekanbaru? Tq

    Komentar oleh Agnismaya Wonoagung | Maret 28, 2013 | Balas

  25. adakah tempat latihan di yogyakarta, sekitar jam 17.00 – 19.00

    Komentar oleh purnama | April 25, 2013 | Balas

  26. Di taman mini indonesia indah ada senam taichi setiap minngu jam 8 pagi di taman budaya tionghoa

    Komentar oleh Intan | Oktober 4, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: