Bushido – Sebuah Jalan Tiada Henti

Martial Arts’s Spirit

Keiko

Aiki tidak bisa dipahami

Dengan kata ataupun ucapan

Tidakpula dengan pembicaraan

Namun dimengerti melalui latihan

(O Sensei Morihei Ueshiba)

          Kunci penguasaan aikido adalah berlatih (keiko). Tanpa esensi latihan, aikido hanyalah sebatas teori. Namun begitu latihan fisik semata tanpa berusaha mengerti konsep filosofis aikido bagaikan berusaha mendapatkan cangkang telur tanpa isi.

Latihan gerakan yang dilakukan dalam aikido hanyalah cara untuk menangkap makna sebenarnya dan memperoleh manfaat. Secara umum, orang yang berlatih Aikido mencapai pemahaman setelah melalui suatu proses yang panjang. Melalui latihan pikiran dan tubuh yang intensif,akan tercapai harmonisasi dan keselarasan antara spirit, pikiran, gerakan teknik, menjadi kesatuan yang mengalir dengan spontan dan bebas sesuai dengan prinsip ataupun hukum alam.

Budoka bukanlah seorang yang terlatih, tetapi Budoka adalah seorang yang terus berlatih

Juni 11, 2006 - Posted by | Aikido, Uncategorized

3 Komentar »

  1. Beberapa gerakan aikido memiliki spirit yang sama dengan beladiri yang pernah saya tekuni, yakni menyatu dengan alam dan meningkatkan energi kehidupan (KI). Itulah yang menyebabkan saya berlatih aikido. Teknik2 pernafasan (semisal koykunage) akan sangat dasyat apabila KI seseorang sudah terasa. Saya pernah mengalaminya. Dan Aikido Un Touch itu memang ada.

    Komentar oleh Reiki Zen | Juni 14, 2007 | Balas

  2. hem hem

    aikido bukanlah sekedar gerakan2 beladiri biasa, tp lebih dari itu, kita mempelajari aikido juga harus mempelajari filosofinya, begitu lah🙂

    Komentar oleh hideyoshi | Maret 27, 2008 | Balas

  3. @Reiki Zen

    Spirit yang dihasilkan oleh latihan aikido shg bisa menyatu dengan alam bisa juga ditemui pada bela diri lainnya, salah satunya yaitu taichi. Tahapan ini bisa dicapai setelah melalui proses latihan yang panjang, dimana waza atau teknik serta prinsip yang telah dikuasai bukan lagi berada dalam tataran memori pikiran kita, melainkan sudah menyatu menjadi bagian dari tubuh dan diri kita sendiri. kita melakukan waza tanpa berpikir lagi, atau seolah-olah ketika dalam menghadapi serangan, seperti menghadapi gerakan slow motion, sehingga tubuh kita bisa melakukan berbagai teknik yang diinginkan tanpa ada keraguan lagi. Dalem banget ya, tapi ini hanya sebuah gagasan pemikiran, mgkn akan berbeda bagi yang sudah mengalaminya secara langsung.

    Reiki zen mungkin bisa menceritakan pengalamannya saat berlatih dan merasakan Aikido Un Touch tersebut.

    Komentar oleh Firman | Maret 29, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: